Program Pengabdian Masyarakat di SMK Bina Putera Nusantara Tasikmalaya

Di awal semester genap TA 2011-2012 tepatnya dari tanggal 5-8 Maret, LPPM AKATEL Purwokerto mengadakan Program Pengabdian Masyarakat yang berlokasi di SMK Bina Putera Nusantara Tasikmalaya. Program Pengabdian Masyarakat ini rutin dilaksanakan minimal sekali dalam satu semester oleh dosen AKATEL Purwokerto sebagai perwujudan dari kewajiban pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain Pengajaran dan Penelitian.

BPN menggandeng AKATEL Purwokerto dalam persiapan pelaksanaan Uji Kompetensi melalui Program Pembekalan dan Pelatihan materi-materi yang terkait dengan teknik telekomunikasi. Hal ini dirasa sangat tepat mengingat jurusan yang ada di SMK Bina Putera Nusantara Tasikmalaya yaitu Teknik Transmisi Telekomunikasi ini sejalur dengan program studi yang diselenggarakan oleh AKATEL  Purwokerto. Peserta pembekalan dan pelatihan ini terdiri dari siswa-siswa kelas XII yang berjumlah sekitar 63 siswa. Pemberian materi dilakukan oleh pemateri internal SMK Bina Putera Nusantara yang juga guru pengajar materi yang terkait dengan Uji Kompetensi, sedangkan pemateri dari AKATEL Purwokerto meliputi dosen pengajar yang sesuai kompetensi yaitu Wahyu Pamungkas, MT., Alfin Hikmaturokhman, MT., Jaenal Arifin, ST., dan Anggun Fitrian Isnawati, M.Eng.

Pada kesempatan kali ini, Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen AKATEL Purwokerto dalam bentuk Pembekalan dan Pelatihan dalam rangka Persiapan Uji Kompetensi yang akan dilaksanakan oleh siswa-siswa SMK  Bina Putera Nusantara Tasikmalaya. Beberapa materi yang disampaikan pada Pembekalan dan Pelatihan tersebut terkait dengan teknik transmisi telekomunikasi yang meliputi:

  1. Teknologi Fiber Optik
  2. Teknologi Seluler
  3. Teknologi Satelit
  4. Teknik Grounding

Untuk teknologi Fiber Optik, dilakukan pembekalan dan pelatihan mengenai  penyambungan fiber optik menggunakan Fusion Splicer, sedangkan untuk teknologi seluler dilakukan pengukuran Drive Test. Materi untuk teknologi satelit meliputi instalasi antena VSAT (Very Small Aperture Terminal) sebagai salah satu perangkat penerimaan sinyal dari satelit, dan sebagai materi terakhir adalah mengenai teknik grounding khususnya untuk perangkat-perangkat telekomunikasi.

Dengan pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat tersebut diharapkan dapat memberi manfaat bagi kedua belah pihak. Karena selain untuk mengenalkan institusi AKATEL Purwokerto di kalangan siswa SMK atau SMA sederajat, juga secara tidaklangsung dapat menjadi ajang promosi bagi penerimaan mahasiswa baru. Hal yang tidak kalah penting adalah bahwa dengan semakin banyaknya kerjasama dengan pihak luar akan semakin meningkatkan citra institusi di kalangan masyarakat. Sedangkan bagi pihak SMK, adanya program ini mampu menambah wawasan dan ilmu bagi siswa-siswa mereka khususnya siswa kelas XII. Kerjasama ini kemudian berlanjut dengan pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) untuk siswa kelas XI SMK Bina Putera Nusantara di laboratorium AKATEL Purwokerto.

Ke depan, rencana pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat tidak hanya dilakukan di kalangan pendidikan (guru dan siswa) seperti yang sudah banyak dilakukan, tetapi juga di kalangan masyarakat umum yang meliputi karyawan, perangkat desa, atau bahkan pada para tuna karya sehingga dapat memberikan tambahan skill bagi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *